pt sumber mineral global abadi tbk logo

PT Sumber Mineral Global Abadi Tbk

Kode Emiten

SMGA

Sektor

Basic Materials

Subsektor

Diversified Metals & Minerals

Bidang usaha

Bergerak dalam bidang Perdagangan Besar Bijih Nikel dan Batubara

Ringkasan Perusahaan Emiten

Perseroan didirikan pada tahun 2016 dengan nama PT Sumber Mineral Global Abadi, berkedudukan di Jakarta Selatan. Perseroan merupakan perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang perdagangan nikel dan batubara untuk pasar domestik di Indonesia.

Perseroan merupakan bagian dari kelompok usaha PT Sumber Global Energy Tbk (SGE) yang merupakan perusahaan perdagangan batubara di pasar ekspor dan domestik dengan sistem pemasok batubara satu atap yang sistematis dari kegiatan perdagangan, pengangkutan, hingga pengiriman. Perseroan memegang tiga IUP – OPK (Operasi Produksi Khusus) masing-masing atas nama Perseroan sendiri untuk pengangkutan dan penjualan komoditas mineral logam, komoditas batubara, dan komoditas mineral bukan logam.

Saat ini Perseroan lebih berfokus pada nikel dan batubara yang berkualitas tinggi dengan kadar sebesar 1,5% – 1,9% untuk nikel dan kalori sebesar 3.400 – 5.300 kka/kg (ARB) untuk batubara. Strategi tersebut memposisikan Perseroan sebagai trader nikel dan batubara yang memiliki segmentasi pasar tersendiri. Hal ini didukung dengan tingginya permintaan atas nikel dan batubara yang berkualitas. Perseroan bekerjasama dengan Pemilik Ijin Usaha Penambangan Operasional Produksi (IUP-OP) dan Ijin Usaha Penambangan Operasi Produksi Khusus (IUP-OPK) untuk memastikan kontinuitas produktivitas dan supply ke end-users.

Perseroan secara tidak langsung menjalankan usaha pertambangan melalui penyertaannya di Entitas Anak yaitu PT Jasatama Mandiri Sukses (“JMS”) yang bergerak di bidang pertambangan batu gamping. JMS berdiri sejak tahun 2021, pada tahun 2021 JMS memperoleh IUP untuk komoditas mineral bukan logam jenis tertentu tahap kegiatan eksplorasi, dalam hal ini yaitu batu gamping untuk industri. JMS telah mendapatkan persetujuan peningkatan IUP ke tahap kegiatan operasi produksi pada Juli 2023 dengan masa berlaku 20 tahun hingga Juli 2043. Tahap kegiatan operasi produksi meliputi kegiatan konstruksi, penambangan, pengolahan dan/atau pemurnian atau pengembangan dan/atau pemanfaatan, serta pengangkutan dan penjualan.

Kegiatan pertambangan JMS berlokasi pada Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah dengan luas wilayah 85,73 Ha dan berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan oleh JMS, cadangan (reserves) batu gamping yang dimiliki oleh JMS saat ini adalah sebesar 300.000.000 ton dengan perkiraan usia tambang sekitar 150 tahun.

Alamat

Graha BIP Lantai 2, Jl. Gatot Subroto Kav. 23, Jakarta Selatan 12930, Indonesia

Situs Perusahaan Emiten

https://www.smgagroup.com

Jumlah Saham Ditawarkan

1.750.000.000 saham

% dari Total Saham Dicatatkan

20

Partisipan Admin

MI - VICTORIA SEKURITAS INDONESIA

Penjamin Emisi Efek

MI - VICTORIA SEKURITAS INDONESIA

Closed
Saham Ditawarkan

17.500.000 Lot

Book Building

08 Jan 2024 - 11 Jan 2024

Rp 100 - Rp 105

Penawaran Umum

24 Jan 2024 - 26 Jan 2024

Rp 105

Penjatahan (Selesai)

26 Jan 2024

Distribusi

29 Jan 2024

Tanggal Pencatatan

30 Jan 2024

Prospektus

Informasi Tambahan